Pages

Wednesday, June 12, 2013

Taekwondo




Menurut buku Comprehensive Asian Fighting Arts yang ditulis oleh Donn F. Draeger and Robert W. Smith.

"Taekwondo adalah bentuk pertempuran tangan kosong yang memerlukan penggunaan seluruh tubuh. Tae berarti" Tendang "atau" Smash dengan kaki, "Kwon berarti" meninju "atau" menghancurkan dengan tangan atau tinju ", dan Do berarti "jalan" atau "metode." Taekwondo demikian, adalah teknik pertempuran bersenjata untuk pertahanan diri yang melibatkan penerapan terampil teknik yang meliputi meninju, melompat tendangan, blok, berkelit, menangkis tindakan dengan tangan dan kaki. Hal ini lebih dari sebuah keterampilan pertempuran fisik semata, mewakili seperti halnya cara berpikir dan pola hidup yang membutuhkan disiplin yang ketat. Ini adalah sistem pelatihan baik pikiran dan tubuh yang sangat menekankan pada pengembangan karakter moral peserta pelatihan. "

Taekwondo adalah seni bela diri yang di bentuk pertahanan diri telah yang berkembang dengan menggabungkan berbagai gaya seni bela diri yang ada di Korea selama 2.000 tahun terakhir dan beberapa gaya seni bela diri dari negara-negara yang mengelilingi Korea. Taekwondo menggabungkan Karate, Kung-fu dengan teknik menendang asli. Beberapa gaya seni bela diri yang sebelumnya berkontribusi Taekwondo adalah:. T'ang-su, Taek Kyon, juga dikenal sebagai Subak, Tae Kwon, dan Kwonpup tae Kwonpup. Ada juga pengaruh dari Judo, Karate, dan Kung-fu.

Catatan paling awal Taekwondo atelah ada sekitar 50 SM Selama ini, saat itu Korea dibagi menjadi tiga kerajaan: Silla, yang didirikan pada Kyongju polos dalam 57 SM, Koguryo, didirikan di Lembah Sungai Yalu di 37 SM, dan Paekche, didirikan di wilayah barat daya semenanjung Korea pada 18 SM. Tae Kyon (juga disebut Subak) dianggap sebagai bentuk paling awal dikenal Taekwondo. Lukisan dari periode waktu ini telah ditemukan di langit-langit Muyong-chong, sebuah makam kerajaan dari dinasti Koguryo. Lukisan-lukisan menunjukkan orang-orang bersenjata menggunakan teknik yang sangat mirip dengan yang digunakan oleh Taekwondo saat ini.

Meskipun Taekwondo pertama kali muncul di kerajaan Koguryo, prajurit Hwarang Silla lah yang dikreditkan sebagai yang berpengaruh dalam pertumbuhan dan penyebaran Taekwondo seluruh Korea. Silla adalah kerajaan yang terkecil dari tiga kerajaan dan selalu diserang oleh Bajak Laut Jepang. Silla mendapat bantuan dari Raja Gwanggaeto dan tentaranya dari Koguryo kerajaan untuk mengusir para bajak laut. Selama ini beberapa prajurit Silla terpilih diberi pelatihan Taek Kyon oleh master awal dari Koguryo. Prajurit Tae Kyon terlatih kemudian menjadi dikenal sebagai Hwarang. Hwarang mendirikan akademi militer untuk anak-anak royalti di Silla disebut Hwarang-do, yang berarti "jalan kedewasaan berbunga." Hwarang mempelajari Taek Kyon, sejarah, Konghucu Filsafat, etika, Moralitas Buddhis, dan taktik militer. Prinsip-prinsip panduan dari prajurit Hwarang adalah kesetiaan, tugas berbakti, kepercayaan, keberanian, dan keadilan. Susunan dari pendidikan Hwarang-do didasarkan pada Lima Kode Etik Manusia ditulis oleh seorang sarjana Buddhis, pendidikan fundamental, Taek Kyon dan keterampilan sosial. Taek Kyon tersebar di seluruh Korea karena Hwarang perjalanan seluruh semenanjung untuk belajar tentang orang-orang  dan daerah lain.
(Dari Berbagai Sumber)

No comments:

Post a Comment